BATIK PRIANGAN

 



Apabila kita menyinggung kata batik, pasti pemikiran kita langsung melayang kepada sentra pembuatan batik di daerah Jawa Tengah seperti Solo atau Pekalongan. Karena daerah tersebut memang telah terkenal seantero jagat sebagai daerah penghasil kain- kain batik yang indah. Namun perlu anda ketahui juga bahwa di Jawa Barat pun juga terkenal dengan batik khas Jawa bartanya. Bahkan untuk kwalitasnya pun tidak kalah dengan kain batik dari Jawa Tengah. Kain batik dari Jawa Tengah ini juga di kenal dengan sebutan Batik Priangan. Istilah ini digunakan untuk memberikan identitas pada berbagai batik yang dihasilkan dan berlangsung di Priangan.

 

Batik Priangan yang cukup terkenal adalah Sentra Batik Tasikmalaya yang ada di Kampung Ciroyom dan Cigereung, Keluarahan Nagasari, Tasikmalaya. Ada beberapa pengrajin di daerah ini dan mereka semua home industry. Disana batik–batik ini dikerjakan dengan dua teknik pembuatan, yakni teknik cetak dan teknik tulis. Untuk batik tulis, harganya sudah tentu lebih mahal dari batik cetak biasa karena pengerjaan yang membutuhkan waktu lama serta keahlian tertentu.

 

Batik asal Tasikmalaya secara umum memiliki karakter yang cukup kuat dan berbeda dengan batik asal Jawa tengah. Batik Tasikmalaya lebih menggunakan warna yang cerah, seperti merah, hijau, dan biru. Dari segi motif, batik Tasik sangat terkenal dengan corak flora dan faunanya. Hal ini sangat mencerminkan kondisi lingkungan yang ada di tanah sunda, seperti  anggrek dan burung, merak ngibing (tari), kulit kayu, motif rereng (keserasihan), buah kopi, burung bangau, dan lainnya. Filosofinya adalah untuk selalu menjaga kelestarian alam sekitar.

 

Sebenarnya untuk Batik Tasikmalaya itu sendiri, ada tiga motif yang terkenal, yaitu Batik Sukapura yang menyerupai batik Madura dengan ragam hias yang kontras dalam ukuran motif dan warna. Kedua ada Batik Sawoan, yang menyerupai Batik Solo, dan didominasi warna coklat seperti buah sawo, ditambah warna indigo dan ornamen warna putih. Terakhir, ada Batik Tasik yang memiliki ciri warna-warna yang cerah karena pengaruh dari batik pesisiran. Motif batik Tasikmalaya sangat kental dengan nuansa Parahyangan, seperti bunga anggrek.

 

Buat para pencinta Batik, Tasikmalaya mungkin bisa jadi lokasi berburu batik yang tepat. Keunikan motif dan corak warna dari batik ini pun mampu menarik anda untuk tidak sekedar mengaguminya saja, tapi juga memilikinya.

 

Selain terkenal dengan kain batiknya, Tasikmalaya juga terkenal dengan kulinernya. Salah satu kuliner yang ciamik dari Tasikmalaya yakni olahan dari daging kambing seperti Sate, Gule atau Krengsengan. Ada salah satu tempat di Tasikmalaya yang menyediakan berbagai olahan dari daging kambing. Jadi jika Anda sedang berada di Tasikmalaya dan kebingungan mencari makanan yang recommended untuk  di coba, bisa langsung datang ke Aqiqah Tasikmalaya.

 

AqiqahTasikmalaya melayani jasa aqiqah siap saji. Berbagai olahan menu  dari kambing di masak oleh tenaga ahlinya yang tentunya menghasilkan cita rasa yang khas dan enak. Selain itu AqiqahTasikmalaya juga telah tersertifikasi halal MUI dan juga dari Dinas Kesehatan, sehingga tidak perlu di ragukan lagi kwalitasnya. Terlebih di musim pandemi seperti ini, proses memasaknya pun sesuai dengan protokol kesehatan yang disarankan pemerintah jadi olahannya di aman untuk di konsumsi.

 

Bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk Aqiqah sang buah hati bisa langsung menghubungi hotline Aqiqah Tasikmalaya, karena Layanan Aqiqah Tasikmalaya juga menerima pemesanan via WA atau telpon untuk membantu memudahkan proses pemesanan. Cukup dengan telpon atau WA lalu pembayaran via transfer, dan makanan akan dikirimkan gratis ke alamat yang diminta.

 

Selain terkenal dengan rasanya yang enak, Aqiqah Tasikmalaya juga terkenal dengan Paket Aqiqah Murahnya, tapi kwalitas tidak murahan. Design kotakannya sangat elegan, menunya lengkap, sehingga sangat praktis sekali jika mau melakukan acara Aqiqah di rumah. Ayo segera kunjungi Aqiqah Tasikmalaya dan buktikan nikmatnya makan olahan kambing!

 

 

   

Tag : aqiqahtasikmalaya, layanan aqiqah tasikmalaya, paket aqiqah murah, menu aqiqah

Comments