Kuliner Khas Purwakarta


1. Sate Maranggi

 



Sate maranggi ini merupakan makanan khas Purwakarta yang menjadi primadona dari tahun 1990 sampai sekarang oleh para pengunjung dan wisatawan. Daging yang digunakan sate maranggi ini adalah seperti sate-sate pada umumnya yaitu daging kambing, ayam dan sapi yang dibakar hingga renyah. Yang membedakan sate ini dengan sate lainnya adalah cara pengolahannya yang direndam dalam air bumbu terlebih dahulu sebelum dibakar.

Bumbu yang digunakan untuk merendam daging sate maranggi terdiri dari kecap manis dan berbagai macam jenis rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, ketumbar, kunyit dan sedikit cuka untuk memberikan sedikit rasa asam. Setelah dibakar, sate maranggi langsung dikonsumsi tanpa disiram saus kacang lagi seperti sate pada umumnya karena sudah direndam oleh bumbu sebelum dibakar.

Biasanya sate ini disajikan bersama irisan tomat segar dan bawang merah sehingga tercipta paduan rasa yang seimbang. Daging sate yang gurih, tomat yang asam dan ditambah rasa bawang yang pedas membuat sate ini patut untuk kamu coba saat berkunjung ke Purwakarta.

Salah satu warung makan langganan artis yang menjual sate maranggi di Purwakarta yaitu Aqiqah Nurul Hayat. Anda bisa memesan berbagai macam menu seperti sate ayam, sate kambing, sate buntel, sop daging dan berbagai macam menu lainnya.

2. Peuyeum Bendul Purwakarta



Selain Bandung, Purwakarta juga memiliki makanan khas yang bernama peuyeum. Disebut peuyeum bendul karena peuyeum yang dapat ditemukan di Purwakarta ini dijual di sepanang Jalan Raya Bendul Purwakarta. Peuyeum bendul ini dijual dengan cara digantung sehingga tanpa mencolok dari kejauhan. Makanan ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh saat pulang ke rumah.

3. Colenak

 


Colenak masih bisa dibilang saudaranya peuyeum karena makanan ini dibuat menggunakan bahan yang juga digunakan pada pembuatan peuyeum. Makanan ini diolah dengan cara dibakar kemudian ditambahkan bumbu manis yang terbuat dari campuran gula dan kelapa yang sudah disangrai. Kelezatannya terasa dari perpanduan antara manis dan gurih saat mencicipi makanan khas Purwakarta yang satu ini.

4. Simping

 


Makanan ini berbentuk bulat pipih dan memiliki rasa manis. Simping ini dibuat dari adonan tepung terigu dan tepung tapioka. Diolah dengan cara dipanggan dengan cetakan spesial. Sebelumnya, simping hanya memiliki satu varian rasa.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, makin banyak varian rasanya seperti rasa pisang, pandan, nangka, cokelat, strawberry, keju dan masih banyak lagi. Warnanya juga beragam disesuaikan dengan rasa yang dimilikinya. Simping ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh karena merupakan makanan yang tahan lama.

 

 


Comments

  1. https://cilegon.aqiqahnurulhayat.com
    Aqiqah Nurul Hayat https://aqiqahnurulhayat.com/

    ReplyDelete

Post a Comment